Rabu, 09 Maret 2011

Apple dan Google, Paling Bersinar Sepanjang 2007

Sepanjang tahun 2007 ini, setidaknya ada 2 perusahaan dalam bidang teknologi yang bersinar sepanjang tahun melalui produk-produk andalannya, baik itu hardware maupun software. Kedua perusahaan itu adalah Apple dan Google.
Tidak dapat dipungkiri, iPhone telah menjadi salah satu produk monumental di sepanjang tahun 2007 ini. Betapa tidak, iPhone telah menawarkan inovasi total dalam teknologi handphone dengan menyingkirkan berbagai macam tombol yang ada dan menggantinya dengan ‘hanya’ sebuah layar touchscreen. Terlepas dari segala macam kekurangan yang pada akhirnya dikeluhkan penggunanya, iPhone telah memberikan satu cita rasa baru dalam menikmati mobile communication. Device ini telah memberikan satu terobosan dalam hal desain, usability segaligus functionality sekaligus. Semua terangkum dalam ujung jari setiap penggunanya. Hal ini tentunya telah melambungkan nama Apple maupun AT&T dalam dunia IT. Sukses dari iPhone ini pula memacu Apple untuk segera merancang iPhone generasi berikutnya. Menurut AT&T Chief Executive Officer, Randall, Apple akan meluncurkan versi iPhone 3G pada tahun 2008 yang akan datang. Untuk saat ini iPhone masih berjalan dalam platform 2.5G, bahkan beberapa pihak pemakainya sempat mengeluhkan kurang cepatnya iPhone pada saat browsing. Namun terlepas dari semua kekurangan yang dihembuskan, kenyataan tetap berkata bahwa iPhone merupakan salah satu ponsel terlaris di sepanjang tahun 2007 semenjak peluncurannya pada 20 Juni 2007.

Selain Apple, bintang lain yang bersinar di sepanjang tahun 2007 ini adalah Google. Perusahaan raksasa ini telah banyak mengembangkan diri pada tahun 2007. Tidak hanya sukses mengakuisisi MySpace, Google juga giat berekspansi ke bidang seluler dengan mengembangkan Android, sebuah software seluler open source berbasis Java yang berjalan dalam platform 3G dan dilengkapi teknologi GPS. Untuk Android ini, Google telah merangkul sedikitnya 34 perusahaan semi konduktor yang tergabung dalam OHA (Open Handset Alliance). Hal ini dilakukan Google sebagai bentuk antisipasi perkembangan minat user pada waktu yang akan datang, dimana kecenderungan semakin menunjukkan berpindahnya minat masyarakat pengguna Internet dari akses PC ke akses handphone. Maka tak pelak lagi, Google meramalkan hal ini juga akan berpengaruh pada iklan on line maupun belanja on line yang saat ini banyak menggerakkan dunia maya.

Hal fenomenal lain yang dilakukan Google pada tahun 2007 yang juga membuat namanya lebih bersinar adalah keikutsertaannya dalam lelang spektrum wireless network yang diadakan oleh U.S. Federal Communications Commisions. Hal menguntungkan yang dapat diperoleh Google jika memenangkan penawaran ini adalah Google dapat menempatkan merek logonya pada jutaan perangkat mobile yang mempergunakan spektrum frekwensi tersebut. Selain itu juga Google dapat mengontrol pemakaian Internet dari perangkat-perangkat mobile tersebut, hingga nominal berapa harga yang harus dibayarkan pemakai untuk setiap pemakaian layanannya. Tentu saja hal tersebut masih merupakan prediksi keuntungan yang bisa didapatkan Google jika memenangkan lelang spektrum tersebut. Untuk memastikannya, kita dapat menunggu hasil lelang tersebut pada awal tahun depan.(dna)

0 komentar:

Posting Komentar